PRE PLANNING KUNJUNGAN KELUARGA PERTEMUAN – 4.
PRE
PLANNING
KUNJUNGAN KELUARGA
PERTEMUAN – 4.
Hari / tanggal
: Kamis, 01 November 2018
Tempat :
Rumah Tn. Y, Medokan semampir
Waktu
: Jam 09.00
Topik
: Pendidikan kesehatan
A.
Latar
Belakang
1.
Latar
belakang
Pendidikan kesehatan adalah sebuah metode penyampaian
informasi kesehatan kepada sasaran / subjek (klien dan keluarga) yang belum
mendapat informasi kesehatan pada topik tertentu dengan tujuan meningkatkan
pengetahuan klien dan keluarga agar mempertahankan kesehatan atau terhindar
dari masalah – masalah kesehatan sebagai komplikasi dari penyakit yang dialami.
Hasil pengkajian yang dilakukan pada Hari Selasa 30
Oktober 2018 didapatkan data bahwa Tn.
“Y”mengalami hipertensi sejak lama, kurang lebih 10 tahun yang lalu. Gejala
yang dirasakan jika tekanan darah mencapai 220 / 120 adalah kelelahan, sakit
kepala bagian belakang dan pandangan
terasa kabur. Selain tekanan darah, kolesterol Tn “Y” juga mengalami
peningkatan yakni 226 mg /dl
Saat diwawancarai tentang pola makannya, Tn. “Y”
mengatakan bahwa lauk yang dikonsumsinya adalah daging ayam, ikan, tempe, tahu
dan danging kambing saat Idul Adha. Selain itu Tn. “Y” juga minum kopi dan
merokok sejak muda ( tiga bungkus per hari ). Saat ditanya apakah Tn. Y
mengetahui penyebab, komplikasi, serta cara mencegahnya, ia hanya menjawab
bahwa tekanan darah tinggi yang dialaminya adalah karena turunan, komplikasi
dan cara mencegahnya ia belum dapat menjelaskan.
Berdasarkan hasil pengkajian di atas maka dapat disimpulkan
bahwa Tn “Y” belum mengetahui penyebeb, komplikasi serta cara mencegah
terjadinya hipertensi maka perlu dilakukan pendidikan kesehatan tentang
penyebab,factor – factor predisposisi, komplikasi, proses terjadi serta cara
mencegah hipertensi.
B.
Diagnosa
Keperawatan
1)
Defisit pengetahuan tentang hipertensi
berhubungan dengan kurangnya informasi
2)
Kesiapan peningkatan manajemen kesehatan
3)
Kesiapan peningkatan pengetahuan.
C.
Tujuan
1)
Tujuan umum;
Dalam waktu 40 menit Tn. “Y” dapat mengerti tentang hipertensi
2)
Tujuan khusus: Tn. “Y” dapat mengerti tentang
·
Penyebab hipertensi
·
Komplikasi hipertensi
·
Factor – factor resiko / predisposisi hipertensi
·
Cara mencegah hipertensi
D.
Rancangan
Kegiatan.
1.
Metode : ceramah dan diskusi / Tanya jawab
2.
Media :
leaflet, alat tulis dan kertas.
3.
Strategi pelaksanaan
No .
|
Fase
|
Waktu
|
Kegiatan mahasiswa
|
Kegiatan keluarga
|
1
|
Orientasi
|
5
Menit
|
a.
Mengucapkan salam.
b.
Menjelaskan kembali kunjungan
c.
Memvalidasi keadaan keluarga
|
Menjawab salam
Memperhatikan
Memberikan informasi
|
2
|
Kerja
|
20 Menit
|
Menjelaskan tentang :
a.
Mereview pengertian hipertensi
b.
Penyebab dan faktor resiko hipertensi
c.
Komplikasi hipertensi
d.
Cara mencegah hipertensi.
|
Memperhatikan
|
3
|
Evaluasi
|
5 Menit
|
a.
Memberi kesmpatan keluarga untuk bertanya.
|
Aktif bertanya
|
4
|
Terminasi
|
5 Menit
|
a.
Membuat kontrak untuk pertemuan selanjutnya
b.
Mengucapkan salam
|
Menbuat kesepakatan
Menjawab salam
|
4.
Kreteria Evaluasi
a. Struktur
a)
Leaflet disiapkan, alat tulis dan kertas
disiapkan
b)
Kontrak dengan keluarga tepat dan sesuai rencana
b. Proses
a)
Pelaksanaan sesuai waktu strategi pelaksanaan
b)
Keluarga aktif dalam kegiatan
c. Hasil
a)
Keluarga mengikuti kegiatan sesuai kontrak waktu
b)
Keluarga dapat mengerti isi materi yang
dijelaskan
Komentar
Posting Komentar